oleh

342 UMKM /IKM Mamuju Terima Stimulus Ekonomi Dari Pemprov Sulbar

Mamuju, Inisulbar.com — Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan industri kecil menengah ( IKM) yang terkena dampak Covid-19, mendapatkan bantuan modal.

Penerima sebanyak 342 dengan rincian 235 UMKM dengan jumlah bantuan modal sebesar Rp.588.000.000, dan 107 IKM dengan jumlah bantuan yang diterima sebesar RP.236.000.000. Jadi jumlah keseluruhan bantuan modal untuk Kabupaten Mamuju sebesar RP. 824.000.000,-. Bantuan tersebut akan langsung di transfer ke rekening para pelaku UMKM dan IKM.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, didampingi Wakil Bupati Mamuju, Irwan Pababari serta sejumlah unsur Forkopimda dan dihadiri sejumlah pelaku UMKM dan IKM Penerima bantuan, di Aula Kantor Bupati Mamuju, Jumat, 21 Agustus 2020

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, mengatakan, penyerahan bantuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemprov Sulbar kepada para pelaku UMKM dan IKM di setiap kabupaten yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ini sebagai bentuk perhatian dan upaya nyata kami untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19” kata Ali Baal.

Ali Baal menuturkan, penyerahan bantuan yang sama telah dilaksanakan di Kabupaten Mamuju Tengah, Pasangkayu, Majene, dan Polewali Mandar. Sedangkan untuk Mamasa direncanakan pada 24 Agustus mendatang.

“Saya berharap para pelaku UMKM dan IKM yang menerima bantuan agar memanfaatkannya dengan baik untuk hal-hal yang produktif, serta menunjang kegiatan usaha, sebab kita tahu di masa pandemi sekarang ini sangat mempengaruhi perekonomian kita,”ucap Ali Baal

Ia menambahkan, momen penyerahan bantuan pada kesempatan itu memiliki makna tersendiri, sebab masih dalam suasana peringatan HUT Kemerdekaan Ke-75 Tahun dan tahun baru Islam 1442 Hijriyah.

“Semoga semangat para pejuang kemerdekaan Indonesia dan semangat tahun baru Hijriyah selalu menyertai setiap langkah kita dalam bekerja sesuai bidang tugas dan profesi masing-masing,”harapnya

Wakil Bupati Mamuju, Irwan SP. Pababari menyampaikan rasa terima kasih atas intervensi bersama yang telah dilakukan Pemprov Sulbar dalam memberikan stimulasi kepada para pelaku UMKM dan IKM.

“Saya mewakili pemerintah daerah serta masyarakat pelaku UMKM dan IKM mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur dan jajaran,”ucap Irwan
Irwan menuturkan, bantuan tersebut memang saat ini sangat dibutuhkan oleh semua pelaku UMKM dan IKM, menyusul serangan pandemi yang telah melumpuhkan hampir semua sendi kehidupan.

Irwan menyatakan, Pemkab Mamuju juga telah mengalokasikan anggaran refocusing kepada para pelaku usaha untuk memberikan bantuan kepada mereka, namun nilainya tentu cukup terbatas, sehingga dengan adanya sinergi dengan Pemprov Sulbar tentu hal itu akan lebih ringan.

Berdasarkan hasil pemetaan di Kabupaten Mamuju, Selain penyerahan bantuan bagi UMKM dan IKM, Gubernur Sulbar juga menyerahkan bantuan hibah keagamaan sebesar Rp 3.821.000.000, yang terdiri dari 72 Masjid sebagai penerima, 28 Gereja, 13 Pura, 11 Majelis Taqlim, 18 Taman Pendidikan Al-Quran, empat Pondok Pesantren dan dua Remaja Masjid. Jadi total sebanyak 148 penerima bantuan hibah keagamaan di Kabupaten Mamuju.