oleh

Sebar Virus Cinta Lingkungan, Puber dan IWO Sulbar Gelar Bakti Sosial

Mamuju, iS – Bakti sosial Komunitas Peduli Bersih (Puber) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulbar bersama aparat Polda, Lanal Mamuju dan Kodim 1418 Mamuju membersihkan pantai Manakarra, Mamuju. Jumat (29/11).

Kegiatan dimulai dengan membersihkan sampah di sepanjang jalan Arteri dan bergeser ke tepi pantai.

Kegiatan itu ternyata menarik sejumlah warga untuk ikut serta meskipun di bawah guyuran hujan.

Bermodalkan kantong plastik khusus sampah, para relawan tampak begitu bersemangat membersihkan sampah yang berserakan baik yang ada di bibir pantai, maupun di jalan Arteri

Inisiator komunitas Puber, Muhammad Rahmat Sanusi menyebut, bakti sosial seperti itu bakal
tetap berlanjut ke sejumlah titik lainnya di kota Mamuju

Menurutnya, kegiatan itu memastikan kebersihan kota Mamuju pada puncak pelaksanaan Festival Maradika Mamuju Desember ini.

“Sebab, kebersihan kota adalah kesan pertama yang harus direbut pada pelaksanaan Festival Maradika Mamuju. Jangan sampai, tamu-tamu yang datang justru memperoleh kesan yang buruk di Mamuju jika wajah kota kita tidak bersih,” tutur Rahmat Sanusi.

Komunitas Puber kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Barat itu, diharapkan bisa menjadi pelecut semangat bagi masyarakat agar peduli pada kebersihan lingkungannya.

“Gerakan dari komunitas Puber ini kami harapkan bisa menjadi langkah awal, atau paling tidak menggerakkan niat masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebab tak cukup jika tanggung jawab ini hanya diserahkan ke OPD
terkait saja. Keterlibatan masyarakat wajib adanya,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua IWO Sulbar Muh Basri menguku, keterlibatan organisasi wartawan itu dalam gerakan sosial ini adalah bentuk lain kewajiban seorang jurnalis yang peduli terhadap lingkungan.

Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi virus bagi masyarakat agar selalu tergerak untuk mencintai kebersihan.

“Minimal malu untuk membuang sampah sembarangan,” kuncinya.

Komentar