oleh

Polda Sulbar Resmi Naik Tipe A

Mamuju, iS – Sehubungan dengan persetujuan Menpan RB terkait peresmian peningkatan 7 tipe Polda dan ditindaklajuti dengan surat Telegram Kapolri Jendral Idham Azis, maka akan dilaksanakan upacara peresmian perubahan 7 tipe Polda dari tipe B ke tipe A.

Dari ke-7 Polda yang disetujui Menpan RB untuk peningkatan tipenya, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) menjadi salah satu diantaranya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) AKBP Syamsu Ridwan, SIK menyebutkan memang ada 7 Polda yang akan naik tipe berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1189/IV/OTL.1.1.3./2020 tanggal 14/4/20 tentang pelaksanaan upacara peresmian peningakan 7 tipe Polda dari Polda tipe B menjadi Polda tipe A.

Dalam surat tersebut disebutkan, berikut 7 Polda yang disetujui peningkatan tipenya yaitu :

1. Polda Sulawesi Tenggara
2. Polda Sulawesi Barat
3. Polda Kalimantan Utara
4. Polda Kepulauan Bangka Belitung
5. Polda Gorontalo
6. Polda Maluku Utara
7. Papua Barat.

Peningkatan tipe Polda Sulbar tentu tak beralasan diantaranya karena Polda Sulbar akan menjadi penyangga Ibu kota baru Negara di kutai kartanegara Kalimantan Timur yang posisinya paling dekat.

Disamping itu, situasi kamtibmas di Provinsi ke 33 ini menaikkan kepercayaan publik kepada institusi kepolisian. Bahkan beberapa piagam penghargaan diterima Polda Sulbar atas kepuasan publik terhadap kinerja Polda Sulbar.

Belum lagi respon cepatnya dalam misi kemanusiannya membantu korban tsunami di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2018 lalu.

Tak hanya itu, marathon pembangunan kantor Mapolda dan RS Bhyangkara serta Mako Brimob menjadi salah satu penilaian. Polda Sulbar yang tercepat serta diperkuat melalui Kemitraan dengan media yang selalu solid.

Kini Polda Sulbar dipimpin oleh Brigjen Pol Dr. Eko Budi Sampurno, M.Si di jenjang karirnya yang terbilang masih panjang tentu diharapkan dapat membangun Sulbar lebih baik lagi dari sebelumnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu diharap kerjasama seluruh pihak dalam membangun sulbar menjadi lebih sejahterah dan kondusif, karena tanggung jawab yang akan dipikul lebih besar dari sebelumnya berdasarkan peningkatan tipe Polda, tandas Kabid Humas.

Humas Polda Sulbar