oleh

Tingkatkan Kualitas Dan Profesionalitas PD IWO Inhil Ikuti Pelatihan Kompetensi Wartawan

Inhil, iS – Meningkatkan kualitas dan Profesionalitas dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai Jurnalis, puluhan Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ikuti pelatihan Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari 17-19 Maret 2020 tersebut dilaksanakan disalah satu Hotel di Tembilahan. Dimana menggandeng pemateri Lembaga Pers Dr.Soetomo (LPDS) keterwakilan dari Dewan Pers.

Kegiatan yang ditunggu-tunggu tersebut tentu tidak hanya diikuti media online, akan tetapi seperti media cetak, radio dan televisi tergabung dalam pelatihan kompetisi wartawan tersebut.

Ketua PD IWO Inhil, Muridi Susandi mengatakan bahwa peran wartawan online saat ini sangat dibutuhkan, sebab dalam hitungan detik sebuah narasi dan informasi akan cepat tersampaikan jika wartawan media online membuatnya.

“Maka dari itu kami utus beberapa PD IWO Inhil untuk mengikuti pelatihan Kompetisi wartawan tersebut, sehingga lebih memahami tulisan yang dia buat,”kata Sandi panggilan akrabnya, Selasa (17/3/2020) pagi.

Dikatakannya bahwa hal seperti ini patut diapresiasi, dimana suatu trobosan baru dari DiskominfoPS Kabupaten Inhil untuk peningkatan wartawan lebih prefesional yang ada di Kabupaten Inhil.

“Selain kecepatan pembaca media online yang mengglobal, baik dalam dan luar negri. Maka dari itu saya berharap dengan seringnya mengikuti pelatihan seperti ini akan menjadi lebih baik, sehingga tulisan kita juga dibaca orang luar daerah dan luar negri tidak diketertawakan atau dicemooh dan sesuai dengan kode etik jurnalistik,”lanjutnya.

Menurut Sandi, pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi wartawan dalam meningkatkan pengetahuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca dengan data yang mudah dipahami pembaca.

“Artinya dengan pelatihan ini wartawan akan lebih mampu memberikan informasi terkait apa,dimana, siapa, mengapa, dan bagaimana,”tutupnya.(*)