oleh

Kolaborasi Korumta Dan Literasi Gelar Kemah Budaya Di Acara PKH Sulbar

*-*Majene, News

Majene, iS – Komunitas Rumah kita ( Korumta ) bersama ratusan komunitas Literasi se-Sulbar menggelar perkemahan dan jambore yang dilaksanakan oleh Program Keluarga Harapan (PKH) se- Sulbar, dilapangan Tasinara Malunda, minggu (19/01/2020) kemarin.

Acara dibuka oleh Korwil PKH Sulbar, Bustan Basir Maras, dihadiri oleh pemprov Sulbar yang diwakili oleh kadinsos Prov Sulbar, Bau Akram, Ketua DPRD Majene, staf ahli bidang pendidikan kabupaten Majene, kadis budpar Majene, camat Malunda, polres Majene, danramil malunda, serta tokoh adat, tokoh pemuda, dan seluruh pemerhati pendidikan dikabupaten majene.

Selain itu, dalam kegiatan jambore PKH ini turut dihadiri antara lain, SDM PKH Pasangkayu, SDM PKH Polman, Mateng, Mamasa, Mamuju dan Majene selaku tuan rumah, KSR, PMI, Literasi Bayangkara Polres Majene,

Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 17 hingga 19 Januari 2020 di lapangan Tasinara Malunda kabupaten Majene Sulbar.

Tujuan dari pelaksanaan jambore PKH tersebut adalah untuk menjalin silaturrahmi dan komunikasi seluruh kekuatan SDM PKH se-Sulbar yang sempat tertunda tahun lalu, sehingga bisa terus bekerja dng baik, kata Bustan Basir maras yg juga penulis buku ini.

Pada kesempatan itu, Koorwil PKH Sulbar Bustan Basor Mahar Menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini, berhasil dengan sukses berkat adanya kerjasama seluruh pihak, Karena acara ini murni didorong oleh semangat gotong royong, swadaya, dan mandiri tanpa ada sumbangan apapun dari pemerintah daerah, kedepannya,” Kata Bustan Basir.

“Acara ini akan tetap berlanjut karena Pemprov Sulbar sudah memberikan sinyal penganggaran melalui dinas sosial provinsi Sulbar,” kuncinya

Ditempat yang sama Ketua Korumta Muh Ali mengatakan, “Acara ini digelar dengan sejumlah kegiatan, diantaranya, menggelar pendidikan literasi diseluruh sekolah dikecamatan malunda.

“Pendidikan berbasis keluarga ( fds PKH ) di enam titik di kec Malunda, lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak KPM PKH, donasi buku, penyerahan 6 unit kendaraan motor bagi koorkab PKH di 6 kabuaten oleh dinsos provinsi Sulbar.

“Lounching buku, lapak baca, dialog publik tentang Radikalisme di SMA 1 Malunda oleh polres Majene, penyerahan karpet masjid dari polres di mesjid lingkungan kayu colo, lemungan batu, pemutaran film.

“Serta kunjungan dibeberapa sekolah, Kunjungan kelapak baca dan rumah baca pegiat literasi Sulbar,” Ujar ketua Korumta Muh Ali di area kegiatan

Sementara ketua Literasi Manggewilu menutup Acara jambore PKH dengan melakukan kunjungan situs budaya Balauki yang berada di dusun Batu susun desa Bambangan untuk menambah lietarasi tentang cagar dan situs budaya dikecamatan malunda untuk dilaporkan kepada balai pelestarian nilai budaya di balai Makassar.

“Alhamdulilah atas masukan dan saran dari seluruh peserta, SDM PKH, literasi, acara, jambore PKH ini akan tetap berlanjut tahun depan dengan adanya dukungan pemprov Sulbar pada APBD Sulbar 2020.

Dengan suksesnya kegiatan dan lancar tersebut korwil PKH Sulbar berharap agar pemprov Sulbar dan pemda yang ditunjuk nanti sebagai tuan rumah agar bisa memberikan kontribusi nyata, baik itu bantuan moril maupun materil,

Korwil PKH Sulbar sangat terharu karena kegiatan jambore PKH ini bisa sukses atas adanya budaya gotong royong dan semangat mandiri smua SDM PKH, sehingga acara ini sukses berkat swadaya, mandiri dan gotong royong,” tutupnya. ( BB )