Kenalkan Perpustakaan Mamuju, Disperkip Gencarkan Anjangsana Sekolah

oleh

Mamuju, Inisulbar.com — Guna lebih mempopulerkan keberadaan perpustakaan dikalangan pelajar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperkip) Kabupaten Mamuju melaksanakan kunjungan kesekolah-sekolah lingkup Kota Mamuju.

SMP IT Wildan menjadi destinasi pertama anjangsana yang direncanakan rutin dilakukan Disperkip Mamuju. Dalam kunjungan tersebut turut pula dihadirkan mobil layanan perpustakaan keliling yang diharapkan mampu menjadi magnet bagi para siswa untuk tertarik mengeksplorasi bahan bacaan.

Kepala Sekolah SMP IT Wildan, Suparman mengapresiasi baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Disperkip Mamuju tersebut. Dirinya pun bangga sebab SMP IT Wildan menjadi sekolah pertama yang menjadi tempat berkunjung Perpustakaan Mamuju dalam safari literasi tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih lagi karna SMP IT Wildan menjadi sekolah pertama yang dikunjungi perpustakaan mamuju. Hal ini tentu menjadi semangat dan inspirasi bagi para siswa untuk gemar Membaca buku dan lebih tahu terkait perpustakaan Mamuju, yang berlokasi di Jalan Ahmad Kirang,” ungkap Suparman (Kamis,23/6/2022)

Kepsek SMP IT Wildan tersebut juga berharap, dengan hadirnya perpustakaan daerah milik Pemkab Mamuju itu dapat membangun sinergi dan saling dukung dalam peningkatan fasilitas sarana dan prasarana perpustakaan di setiap sekolah.

“Untuk perpustakaan sekolah yang dimiliki SMP IT Wildan saat ini belum ada dan jumlah buku bacaan juga masih terbatas. Sebelum gempa tahun lalu sempat dibuat pojok baca, namun setelahnya kini sudah tak ada lagi sebab sarana tersebut rusak dan bahan bacaan pun sebagian juga rusak,” Jelas Suparman

“Kami dari SMP IT Wildan tadi telah audiensi dengan kadis perpustakaan Mamuju terkait program Disperkip untuk pinjam baca buku selama sepekan. Jadi buku-buku di Perpustakaan Mamuju akan dititipkan disini sebagai bahan bacaan siswa selama sepekan,” lanjut Kepsek SMO Wildan IT itu.

Sementara itu, Kepala Disperkip Mamuju, Fauzan Basir mengungkapkan program safari literasi yang digagas Disperkip tersebutbsebagai upaya dalam mendorong minat baca siswa dengan menghadirkan beragam bahan bacaan. Disamping itu juga program kunjungan itu turut menfasilitasi sekolah yang minim bahan bacaan melalui program Pinjam Baca Buku Sepekan.

“Dengan hadir disekolah-sekolah ini, harapan kami kedepan, keberadaanFasilitas Layanan Perpustakaan yang dimiliki oleh pemerintah kabupaten Mamuju dapat lebih dikenal, utamanya oleh adik-adik kita pelajar dan mahasiswa,” ungkap Fauzan.

“Terkhusus Sekolah yang memiliki fasilitas buku bacaan yang kurang memadai, maka kami dorong untuk membuat proposal permintaan bahan bacaan ke Perpusnas RI dan Kemendikbud yang nantinya akan kami fasilitasi dengan dokumen pendukung seperti surat pengantar dan hal-hal yang terkait. Sinergitas antara perpustakaan sekolah dan dinas perpustakaan kedepan akan terus kami galakkan” terang Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju itu

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.