Hadiri Evaluasi Kinerja Pj. Gubernur, Kepala Bapperida Sampaikan Progres Tahapan Penyusunan RPJPD Sulbar 2025 – 2045

oleh
oleh

Jakarta, Inisulbar.com,- Kepala Bapperida Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana merespon tanggapan Tim Evaluator Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Itjen Kemendagri) terkait perencanaan di Sulbar dalam Evaluasi Kinerja Pj. Gubernur Sulbar yang dilaksanakan di Kantor Itjen Kemendagri, Jakarta, pada Selasa (20/2/2024).

Hadir mendampingi Pj. Gubernur Sulbar, Junda Maulana menyampaikan progress tahapan dalam penyusunan RPJPD Sulbar Tahun 2025 – 2045.

“Saat ini Sulbar sudah masuk pada tahapan keempat dari 14 tahapan yang ada. Kami sudah melakukan asistensi ke Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah,” jelas Junda.

“Sambil menunggu rekomendasi, kami paralel mengadakan forum-forum grup diskusi untuk mempertajam isu – isu terkait. Insya Allah pada awal Mei, kami akan melanjutkan Musrenbang RPJPD,” sambungnya, menjelaskan kepada Tim Evaluator yang hadir.

Lebih lanjut, Junda mengungkapkan inovasi Pemerintah Sulbar melalui penerapan aplikasi e-Pokir untuk menyaring pokok pikiran DPRD dalam perencanaan tahun 2025.

“Berkaitan dengan aspirasi masyarakat, suatu inovasi yang dilakukan dan mulai tahap perencanaan tahun 2025 ini, juga berkaitan dengan pokok pikiran DPRD, kami juga sudah melalui aplikasi e-Pokir,” ujarnya.

Selain itu, Junda pun menyebut telah menyaring pokok pikiran sesuai arah kebijakan pembangunan, melalui pertemuan dengan Bappeda Kabupaten Se-Sulbar bersama Pj. Gubernur Sulbar untuk penyusunan program tahun 2025.

“Untuk penyusunan program yang lebih terintegrasi, kita mengatur mekanisme dukungan dari kabupaten untuk mencapai target pembangunan di provinsi dan bagaimana pemerintah provinsi dalam mendukung pembiayaan untuk mencapai target provinsi yang bukan kewenangan provinsi di kabupaten,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Tim Evaluator yang dipimpin langsung Inspektur Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir menyampaikan apresiasi atas banyaknya inovasi yang telah dilakukan Prof. Zudan Arif Fakrulloh selama menjabat sebagai Pj. Gubernur Sulbar hingga periode triwulan III. Salah satunya adalah Gerakan Toilet Bersih (Tolsih). (Adv)