Dinas Perpustakaaan dan Komunitas Literasi Mamuju Gemakan Literasi di Momen Hari Anak Nasional

oleh

Mamuju, Inisulbar.com — Momentum hari anak yang dirayakan setiap 23 Juli secara nasional, seyogyanya merupakan jembatan untuk sebuah ikhtiar bersama meningkatkan kualitas anak dan generasi muda dalam segala aspek. Salah satunya minat baca dalam menunjang kualitas pendidikan anak

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju, Bersama Pegiat Literasi di mamuju serta organisasi kemasyarakatan menggelar kegiatan bersama anak-anak penghuni panti asuhan di mamuju bertajuk “Menenun Mimpi, Berbagi Kisah, Menuai Cita” di halaman kantor Perpustakaan Mamuju, jumat Sore (23/7/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan agar setiap anak yang ada di kabupaten Mamuju dapat merasakan keceriaan bersama, tanpa adanya sekat disparitas dalam momen hari anak nasional.

“Dalam menenun mimpi, setiap anak kita ajak dan kita ajar menulis puisi serta cerpen terkait keseharian mereka dan harapan mereka dimasa mendatang. Hasil tulisan itu kemudian mereka bacakan, dan ceritakan dalam sesi berbagi kisah dan menuai cita di hari itu juga” sebut Kadis Perpustakaan Mamuju, Fausan Basir.

Menurutnya, kegelisahan akan masih minimnya minat baca ditengah masyarakat terlebih generasi anak-anak saat ini ditengah invasi smartphone maupun gadget serupa, harusnya melahirkan sebuah gerakan bersama untuk menghadirkan mutu literasi yang lebih baik.

“Momentum hari anak seharusnya menjadi faktor penggerak bagi seluruh pihak, dalam menghadirkan kegemaran membaca diruang-ruang publik. Serta penyediaan fasilitas bacaan yang lebih baik,” harap Ketua Komunitas Literasi Teras Aksara, Abdi Kurniawan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh anak-anak dari panti asuhan campaloga dan Panti Asuhan Muhammadiyah Mamuju. Melibatkan komunitas literasi Teras Aksara, Forum Lingkar Pena, Kamar Literasi. Serta Organisasi Masyarakat Fatayat Nahdatul Ulama, Yayasan Karampuang dan didukung oleh Mygluta.

Pengurus panti asuhan campaloga, Andi Hadinda megapresiasi baik kegiatan tersebut, ia berharap kegiatan serupa yang melibatkan anak-anak yatim piatu dari panti asuhan dapat sering dan masif dilakukan. “Terimakasih untuk segala perhatian dan kepedulian atas anak-anak kami semoga kedepannya menjadi curahan kasih dan perhatian,” ungkapnya

Ahmad, salah seorang anak peserta kegiatan mengaku senang dengan kegiatan tersebut, ia berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali. “Senang karna banyak teman, tadi diajar tulis puisi sama kakak semoga kegiatan ini ada lagi,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.